PENGAMBILAN KEPUTUSAN TAKTIS
Pengambilan keputusan taktis terdiri dari pemilihan di antara
berbagai alternative dengan hasil yang langsung atau terbatas.
Tujuan keseluruhan dari pengambilan keputusan strategis
adalah untuk memilih strategi alternatif sehingga keunggulan bersaing jangka
panjang dapat tercapai. Pengambilan keputusan taktis harus mendukung tujuan
keseluruhan ini, meskipun tujuan langsungnya berjangka pendek (menerima satu
pesanan khusus untuk meningkatkan laba) atau berskala kecil (memproduksi
sendiri daripada membeli komponen). Jadi, pengambilan keputusan takits yang
tepat berarti bahwa keputusan yang dibuat mencapai tidak hanya tujuan terbatas
tertapi juga berguna untuk jangka panjang.
Model
Pengambilan Keputusan Taktis
Enam langkah yang mendeskripsikan proses pengambilan
keputusan yang direkomendasikan adalah sebagai berikut :
- Kenali dan definisikan masalah.
- Identifikasi setiap alternatif sebagai solusi yang layak atau masalah tersebut; eliminasi alternatif yang secara nyata tidak layak.
- Identifikasi biaya dan manfaat yang berkaitan dengan setiap alternatif yang layak. Klasifikasikanlah biaya dan manfaat sebagai relevan atau tidak relevan serta eliminasilah biaya dan manfaat yang tidak relevan dari pertimbangan.
- Hitunglah total biaya dan manfaat yang relevan dari masing-masing alternatif.
- Nilailah faktor-faktor kualitatif.
- Pilihlah alternatif yang menawarkan manfaat terbesar secara keseluruhan.
Keenam langkah ini mendefinisikan model pengambilan
keputusan sederhana. Model keputusan (decision model) adalah
serangkaian prosedur yang jika diikuti, akan mengarah ke suatu keputusan.
Definisi
Biaya Relevan
Biaya Relevan merupakan biaya masa depan yang berbeda pada masing-masing
alternatif. Semua keputusan berhubungan dengan masa depan. Karena itu, hanya
biaya masa depan yang dapat menjadi relevan dengan keputusan. Namun, untuk
menjadi relevan, suatu biaya tidak hanya harus merupakan biaya masa depan,
tetapi juga harus berbeda dari satu alternatif dengan alternatif lainnya.
Apabila biaya masa depan terdapat pada lebih dari satu alternatif maka biaya
tersebut tidak memiliki pengaruh terhadap keputusan. Biaya demikian disebut
biaya tidak relevan. Kemampuan untuk mengidentifikasi biaya relevan dan tak
relevan merupakan suatu keterampilan pengambilan keputusan yang penting.
RELEVANSI,
PERILAKU BIAYA, dan MODEL PENGGUNAAN SUMBER DAYA AKTIVITAS
Seringkali keputusan taktis membtuhkan analisis yang lebih
rumit –khususnya keputusan yang membutuhkan pertimbangan yang lebih
rumit- khususnya keputusan yang membutuhkan pertimbangan yang lebih ekstensif
mengenai perilaku biaya
Kuncinya adalah bahwa perubahan pada penawaran dan
permintaan sumber daya aktivitas harus dipertimbangkan ketika menilai
relevansi.
Kategori-kategori dibawah dapat menolong untuk
mengidentifikasi biaya-biaya yang relevan, dan kemudian, memfasilitasi analisis
biaya yang relevan :
- Sumber Daya Fleksibel.
- Sumber Daya Terikat :
a) Sumber Daya Terikat untuk Jangka
Pendek
b) Sumber daya Terikat untuk Beberapa
Periode.
KEPUTUSAN-KEPUTUSAN
YANG SERINGKALI DIAMBIL
1.
Keputusan
membuat atau membeli
Manajer sering dihadapkan dengan keputusan apakah harus
membuat atau membeli komponen yang digunakan dalam produksi. Sesungguhnya
manajemen harus mengevaluasi keputusan masa lalu yang berkaitan dengan produksi
secara berkala. Kondisi-kondisi yang menjadi dasar pembuatan keputusan
sebelumnya mungkin tidak berubah. Akibatnya, pendekatan yang berbeda mungkin
dipelukan. Evaluasi periodik bukanlah satu-satunya sumber dari keputusan
membuat atau membeli (make-or-buy decision) ini.
2. Keputusan meneruskan atau
menghentikan
- Meneruskan atau menghentikan dengan berbagai dampak komplementer.
- Meneruskan atau menghentikan dengan penggunaan alternatif fasilitas.
3. Keputusan pesanan Khusus
Keputusan pesanan khusus (special-order decision) harus
berfokus pada pertanyaan : apakah pesanan harga khusus harus diterima atau di
tolak.
4. Keputusan menjual atau memproses
lebih lanjut
Proses gabungan (joint products) memiliki proses yang umum
dan biaya produksi sampai pada titik pemisahan. Pada titik tersebut, kedua
produk dapat dibedakan. Proses gabungan sering dijual pada titik pemisahan.
Pemrosesan suatu produk gabungan lebih lanjut setelah titik pemisahan dan
sebelum menjualnya terkadang lebih menguntungkan. Penentuan akan menjual atau
memproses lebih lanjut (sell or process further) merupakan suatu keputusan penting
yang harus dibuat para manajer.
5. Keputusan bauran produk
Keputusan mengenai bauran produk dapat berdampak signifikan
terhadap profitabilitas organisasi. Setiap bauran produk mencerminkan suatu
alternatif yang mengandung tingkat laba terkait. Seorang manajer harus memilih
alternatif yang akan memaksimalkan total laba. Karena biaya tetap tidak
bergantung pada tingkat aktivitas, total biaya tetap akan sama pada semua
bauran yang mungkin sehingga tidak relevan bagi keputusan. Jadi, seorang
manajer perlu memilih alternatif yang akan memaksimalkan total margin
kontribusi.
Pemilihan bauran optimal dapat dipengaruhi secara signifikan
oleh hubungan antara sumber daya yang berkendala dengan produk individual.
Hubungan ini terdiri dari :
·
Sumber
daya dengan satu kendala.
·
Sumber
daya dengan banyak kendala.
PENETAPAN
HARGA
Penetapan harga berdasarkan Biaya
Karena pendapatan harus menutup biaya perusahaan untuk
menghasilkan laba, maka banyak perusahaan terlebih dahulu menetapkan biaya
dalam menentukan harga.
Mark up
adalah persentase yang dibebankan kepada biaya dasar ; termasuk diantaranya
adalah laba yang diinginkan dan setiap biaya yang tidak termasuk dalam biaya
dasar.
Perhitungan Biaya Target dan
Penetapan Harga
Penetapan biaya target adalah suatu metode penentuan biaya
produk atau jasa berdasarkan harga (harga target) yang ersedia dibayarkan oleh
pelanggan.ini juga sering disebut sebagai perhitungan biaya berdasarkan harga.
Aspek Hukum dari Penetapan Harga
1. Penetapan Harga Predator.
Adalah praktik pengaturan harga yang lebih rendah dari biaya
dengan tujuan merugikan pesaing dan mengeliminasi pesaingan.
2. Diskriminasi harga.
Adalah pengenaan harga yang berbeda kepada beberapa
pelanggan atas produk-produk yang pada dasarnya sama.
Keadalian dan Penetapan Harga.
Eksploitasi harga dikatakan terjadi ketika perusahaan dengan
kekuatan pasar menghargai produknya ”sangat tinggi”.
KESIMPULAN
Pengambilan keputusan taktis terdiri dari pemilihan di antara
berbagai alternative dengan hasil yang langsung atau terbatas. Tujuan
keseluruhan dari pengambilan keputusan strategis adalah untuk memilih strategi
alternatif sehingga keunggulan bersaing jangka panjang dapat tercapai.
Pengambilan keputusan taktis harus mendukung tujuan
keseluruhan ini, meskipun tujuan langsungnya berjangka pendek (menerima satu
pesanan khusus untuk meningkatkan laba) atau berskala kecil (memproduksi
sendiri daripada membeli komponen).
Biaya Relevan merupakan biaya masa depan yang
berbeda pada masing-masing alternatif. Semua keputusan berhubungan dengan masa
depan. Karena itu, hanya biaya masa depan yang dapat menjadi relevan dengan
keputusan.
Tidak ada komentar:
Posting Komentar