Minggu, 11 Mei 2014

Aktiva Tetap Tidak Berwujud

A. PENGERTIAN AKTIVA TETAP TIDAK BERWUJUD
Aktiva tetap tidak berwujud (intangible fixed assets) adalah hak istimewa yang dimiliki oleh  perusahaan  dan mempunyai nilai namun tidak mempunyai bentuk fisik..
B. KARAKTERISTIK  AKTIVA TETAP  TIDAK BERWUJUD
(1) Kurang memiliki eksistensi fisik
(2) bukan merupakan instrumen  keuangan
C. HARGA PEROLEHAN AKTIVA TETAP TIDAK BERWUJUD
Aktiva tetap tidak berwujud pada awal perolehannya harus diakui sebesar  harga perolehannya, untuk periode berikutnya  aktiva tetap  tidak berwujud ini dilaporan sebesar nilai tercatatnya.
Penentuan harga perolehan bergantung pada cara perolehannya,misalnya melalui pembelian atau pertukaran.
D. MASA MANFAAT
Pada umumnya masa manfaat suatu aktiva tetap tidak berwujud tidak akan melebihi 20 tahun  sejak tanggal aktiva siap digunakan,terkecuali ada bukti yang meyakinkan bahwa masa manfaat suatu aktiva akan melebihi 20 tahun.
Faktor yang harus dipertimbangkan dalam menentukan masa manfaat suatu aktiva tetap tidak berwujud,yaitu :
1.      Perkiraan pemakaian aktiva oleh perusahaan dan efisiensi pengelolaannya oleh tim manajemen yang lain.
2.      Keusangan teknis,teknologi,atau jenis-jenis keusangan lainnya.
3.      Tingkat atau jumlah pengeluaran untuk pemeliharaan yang dibutuhkan untuk mendapatkan manfaat ekonomi masa depan dari aktiva dan kemampuan serta maksud perusahaan untuk mencapai tingkat tersebut.
4.      perkiraan  tindakan oleh pesaing atau calon pesaing
5.      periode pengendalian aktiva dan pembatasan hokum atau pembatasan lainnya yang dikenakan atas penggunaan aktiva tersebut,seperti tanggal berakhirnya sewa guna usaha  yang terkait
6.      ketergantungan masa manfaat aktiva tersebut atas masa manfaat aktiva lainnya dari perusahaan.


E. NILAI SISA
Nilai sisa suatu aktiva tetap tidak berwujud seharusnya diasumsikan sama dengan nol,kecuali:
1.      ada komitmen dari pihak ketiga untuk membeli aktiva tersebut pada akhir masa manfaatnya .
2.      ada pasar aktif bagi aktiva tersebut dan:
a)      nilai sisa aktiva dapat ditentukan dengan mengacu  pada harga yang berlaku dipasar tersebut, dan
b)      terdapat kemungkinan yang cukup besar bahwa pasar yang aktif tersebut akan tetap ada pada akhir  masa manfaat aktiva.

F. AMORTISASi (AMORTIZATION)
Amortisasi adalah pembebanan harga perolehan aktiva secara periodik ke dalam perhitungan Laba/Rugi perusahaan.Jumlah yang dapat di amortisasi dari suatu aktiva tetap tidak berwujud harus dialokasikan secara sistematis berdasarkan  perkiraan terbaik masa manfaatnya.

G. JENIS-JENIS AKTIVA TETAP TIDAK BERWUJUD
1.      Yang terkait dengan pemasaran yaitu : Merek Dagang
2.      Yang terkait dengan pelanggan yaitu :  Daftar Pelanggan
3.      Yang terkait dengan seni yaitu : Hak Cipta (Copyrights)
4.      Yang terkait dengan kontrak yaitu : Franchise
5.      Yang terkait dengan teknologi yaitu : Hak Paten
6.      Goodwill
7.      Penurunan nilai aktiva tetap tidak berwujud
A.Penurunan nilai aktiva tetap  tidak berwujud dengan masa manfaat terbatas.
B.Penurunan nilai aktiva tetap tidak berwujud dengan umur tidak terbatas selain Goodwill.
           
           


MACAM-MACAM AKTIVA TETAP TIDAK BERWUJUD
HAK  CIPTA (COPYRIGHTS)
Yaitu hak yang diberikan kepada pengarang,pencipta,aransemen untuk menerbitkan,menjual atau mengawasi karyanya,pencipta,aransemen untuk menerbitkan,menjual atau mengawasi karyanya.hak cipta  dapat dijual atau diberikan  kepada pihak lain berdasarkan perjanjian-perjanjian yang disepakati.      
HAK PATEN
Yaitu hak yang diberikan kepada pihak yang menemukan hal baru untuk memproduksi,menjual atau mengawasi penemuannya dalam jangka waktu tertentu.hak paten bisa digunakan  sendiri oleh penemunya atau diserahkan kepada pihak lain berdasarkan kesepakatan bersama
HAK MEREK DAGANG
Yaitu  hak cipta dan hak untuk menggunakan suaTU tanda pengenal atau symbol atas suatu barang yang diusahakn.harga perolehan hak merek dagang adalah meliputi biaya perencanaan gambar atau desain gambar,biaya sayembara pembuatan lambing,dan lain-lain termasuk biaya pengurusan ijin merek dagang hingga sertifikat merek dagang diterima.
HAK FRANCHISE
Yaitu hak untuk menggunakan fasilitas-fasilitas tertentu yang dimiliki oleh suatu pihak kepihak lain sebagai pengguna fasilitas.franchise hanya berhak untuk menggunakan hak franchise untuk kepentingannya sesuai dengan perjanjian yang disepakati,tidak mempunyai hak untuk menjual  atau mengalihkan hak franchise kepada orang lain.
HAK SEWA (LEASEHOLD)
Yaitu hak untuk menggunakan aktiva tetap trtentu yang diatur dalam perjanjian sewa menyewa.
Terdapa dua cara pembayaran sewa,
1.sewa dibayar setiap periode,maka pembayaran sewa diperlakukan sebagai beban operasional untuk periode  dibayarkannya sewa.
2.sewa dibayar untuk beberapa periode,bila sewa yang dibayarkan itu untuk beberapa periode yang relative pendek maka sewa dibayar dimuka tersebut diklasifikasikan sebagai aktiva lancer dicatat dalam perkiraan sewa dibayar dimuka.
HAK EKSKLUSIF ATAU HAK KONSESI
Yaitu  hak khusus yang diberikan oleh Negara  untuk mengelola fasilitas fasilitas public atau sumber daya alam yang dimiliki Negara.

FORMULA  DAN PROSES RAHASIA
Yaitu hak atas penemuan sesuatu rumus atau formula atau sesuatu proses pembuatan suatu produk.
GOODWILL
Yaitu keistemewaan atau nilai lebih yang dimiliki oleh suatu perusahaan.keistimewaan atau nilai lebih yang dimiliki oleh perusahaan ini dapat memberikan bagi perusahaan untuk memperoleh laba diatas normal.
GOODWILL bias timbul dari:
a.letak perusahaan yang baik,dapat memberikan keuntungan bagi perusahaan berupa ,kemudahan  bagi perusahaan untuk memperoleh sumber-simber daya ekonomis yang dibutuhkan dan kemudahan memasarkan produk atau jasa yang dihasilkannya.
b.merek dagang yang terkenal,berdampak pada pemasaran produk lebih efisien dan penguasaan pasar menjadi dominan.
c.sistem manajemen yang baik,dapat mengakibatkan kinerja perusahaan menjadi efektif dan efisien dapat menjamin maksimasi perolehan laba.
d.sumber daya keuangan yang cukup,akan menjamin kelangsungan aktifitas perusahaan dan kepercayaan kreditur pada perusahaan.
e.pelanggan yang loyal pada produk perusahaan,loyalitas pelanggan menjamiin kelangsungan pemasaran produk-produk yang dihasilkan perusahaan.
BIAYA-BIAYA DITANGGUHKAN
Yaitu  biaya-biaya yang harus ditangguhkan pembebananya dikarenakan jumlahnya yang relative besar,belum berlalunya waktu  atau belum terjadinya aktivitas  yang dapat digunakan sebagai dasar pembebanan yang logis.yang termasuk-termasuk biaya-biaya ditangguuhkan antara lain:Biaya pendirian perusahaan,biaya relokasi pabrik.



Tidak ada komentar:

Posting Komentar