Minggu, 02 Desember 2012

CONTOH PROPOSAL USAHA



BAB I
PENDAHULUAN
1.        LATAR BELAKANG
Kebutuhan akan sandang merupakan kebutuhan primer setiap orang. Dari tahun ke tahun peningkatan dari produk ini sangatlah pesat. Untuk memenuhi tren saat ini diperlukannya unit usaha yang dapat menyediakan produk tersebut. Tetapi penyediaan produk yang berkualitas hanya sedikit yang kita jumpai di Pasar Butung karena kualitas dari pakaian yang dijual di Pasar Butung rata-rata adalah kualitas biasa. Disini kita akan menerapkan  penjualan pakaian dan aksesoris berkualitas dengan harga terjangkau atau berskala pakaian distro.
Perkembangan penawaran disektor Reseller Pakaian dan Aksesoris pada saat ini memang umum telah dilakukan. Hal tersebut disebabkan karena sektor usaha ini sudah dibidik secara serius. Oleh karena itu, agar usaha Toko/Kios Pakaian dan Aksesoris ini  menjadi lebih baik maka perlu peningkatan penawaran yang memberikan nilai lebih bagi konsumen dengan cara mendiskon harga dengan ketentuan yang berlaku.
Mengingat adanya peluang yang besar dalam usaha Toko/ Kios Pakaian dan Aksesoris pada masa yang akan datang, maka perlu adanya penawaran produk yang memberikan nilai lebih dan manfaat bagi konsumen. Penawaran tersebut akan semakin variatif (lebih banyak produk yang ditawarkan dalam hal ini tidak dimiliki oleh pesaing) maupun lebih kompetitif karena sudah ditunjang dengan perangkat teknologi informasi yang memberikan kemudahan dalam melakukan transaksi atau sebatas bertukar informasi.
Kami telah mendapatkan ruang usaha di Pasar Parado yaitu di Blok B sebagai pusat penjualan pakaian. Dan Rencananya akan kami lakukan pengembangan usaha yaitu menyewa rumah/ Ruko/ Ruang Usaha yang berbentuk Toko. Dan setiap tahunnya akan membuka cabang baru sebagai perluasan wilayah pemasaran kami.

2.        RUANG LINGKUP
Dalam proposal ini terdapat empat aspek penting, yaitu:
a)       Aspek Organisasi/ manajemen, berkaitan dengan nama perusahaan, bidang usaha, nama pemilik/ pimpinan, jumlah karyawan, serta organisasi.
b)       Aspek pemasaran, berkaitan dengan perkembangan pasar saat ini, prospek pasar dan pemasaran, sasaran pemasaran, dan rencana penjualan pertahun dri produk yang akan di pasarkan.
c)        Aspek produksi/ operasi, berkaitan dengan rencana pendirian, perluasan, dan pengoperasian.
d)      Aspek keuangan. Berkaitan dengan masalah kebutuhan dana untuk investasi dan modal kerja, penggunaan dana, kalkulasi biaya, proyeksi pendapatan, dan jadwal pengambilan pinjaman dan laporan keuangan



3.        PROSPEK PASAR
Penjualan pakaian dan aksesoris di Pasar Parado sangatlah menguntungkan, karena setiap harinya tidak pernah sepi dari pengunjung. Rata-rata produk yang dijual di pasar Parado adalah kualitas biasa. Dengan adanya Toko/ Kios smart-3 serta dukungan finansial dari Bank BNI, kami mampu menjawab tantang tesebut. Kami akan menjual barang yang berkualitas tentunya dengan harga yang kompetitif.

4.        MANFAAT EKONOMI
Usaha ini dapat memberdayakan kami sebagai  pengusaha demi meningkatkan taraf hidup yang lebih baik, sehingga dapat mengurangi beban orang tua dalam membiaya kuliah kami.

5.        MANFAAT SOSIAL
Tidak menutup kemungkinan kami akan membuka cabang baru untuk memperluas wilayah pemasaran. Harapan kami setiap tahunnya ada Cabang baru yang akan kami dirikan. Hal ini jelas dapat merekrut dan membuka lapangan pekerjaan baru, sehingga dapat mengurangi angka pengangguran di Indonesia.





BAB II
ASPEK ORGANISASI, SDM DAN MANAJEMEN

1.        UMUM
a.    Nama Perusahaan        : Distro ZZX
b.    Bidang Usaha              : Penjualan Pakaian dan Aksesoris
c.    Jenis Produk / Jasa      : Pakaian berskala Distro dan Aksesoris berkualitas
d.   Alamat Perusahaan      : Jln. Kalimantan no.22/ pasar Butung
e.    Nomor Telepon           : 081343123098
f.     Nomor Fax                  : -
g.    Alamat Email              : Dhikajaa@gmail.com
h.    Situs Web                    :                      

2.        BIODATA USAHAWAN
Nama                                : Muhammad adri achmad
Jabatan                             : Manager
Tempat dan Tgl Lahir      : Ujung Pandang, 13 September 1990
Alamat Rumah                 : BTP blok J no.166
Nomor HP                        : 081343123098
Alamat Email                   :  Adriachmad @gmail.com
Nama                                : Wahyudi
Jabatan                             : Bagian Persediaan dan bagian Pengiriman
Tempat dan Tgl Lahir      : Ujung Pandang, 28 november 1987
Alamat Rumah                 : Jl. Kalimantan no 166 Kec. Rato
Nomor HP                        : 085255355455
Alamat Email                   : Wahyudi@gmail.com
Nama                                : Darwis
Jabatan                             : Bagian Pembelian dan Bagian Penjualan/ Kasir
Tempat dan Tgl Lahir      : Jakarta, 10 Februari 1991
Alamat Rumah                 : Jl. Balang Caddi no.1
Nomor HP                        : 081227333315
Alamat Email                   : Darwisjie@gmail.com
Nama                                : Sulaiman
Jabatan                             : Bagian Akuntansi
Tempat dan Tgl Lahir      : Soroako, 22 Juli 1980
Alamat Rumah                 : Perumahan Umi A-2
Nomor HP                        : 085242334556
Alamat Email                   : Suleprikitiu@yahoo.com

3.        Bagan/ Struktur Organisasi
 








                            Garis Komando
                            Garis Koordinasi
Job Description :
a)       MANAGER
Ø  Melakukan monitoring/ kontrol terhadap perkembangan usaha
Ø  Memberi perintah/ tugas kerja kepada Bagian-bagian
Ø  Melayani konsumen yang melakukan pembelian lewat situs
Ø  Menjawab pertanyaan dan melayani kosumen yang bertanya secara online
b)        Bagian PERSEDIAAN
Ø Melakukan perawatan pada persediaan
Ø Menjaga kualitas barang tetap terjaga
Ø Menghitung dan melaporkan barang yang masih tersedia di Gudang kepada bagian Akuntansi
c)        BAGIAN PENGIRIMAN
Ø Mengepak Barang yang akan dikirimkan ke konsumen
Ø Mengecek Kepastian alamat pemesan
Ø Melakukan pengiriman dengan menggunakan jasa pengiriman  seperti TIKI, JNE, POS, dan PAHALA
Ø Mengecek status kiriman di website
d)       BAGIAN PEMBELIAN
Ø Melakukan cek ulang terhadap surat order pembelian dari bagian Gudang
Ø Melakukan Pembelian Barang kepada vendor
Ø Melakukan cek terhadap barang yang akan dibeli
e)        BAGIAN AKUNTANSI
Ø Melakukan pencatatan akuntansi : Mencatat transaksi , Menjurnal, Posting Buku Besar, Membuat Laporan Keuangan
Ø Mengecek ulang terhadap faktur pembelian
Ø Melaporkan kondisi keuangan per triwulan
f)         BAGIAN PENJUALAN/ KASIR
Ø Membuat tabel pembagian jam kerja karyawan
Ø Mengevaluasi kinerja karyawan
Ø Berorientasi meningkatkan penjualan
g)        KARYAWAN
Ø Membuka dan menutup Toko/ Kios
Ø Melakukan Promosi
Ø Menata barang dagangan
Ø Melayani Konsumen baik offline maupun online
h)        VENDOR
Ø Mensuplai Barang/ Persediaan
Ø Melakukan Kontrak kerjasama dengan manager
Ø Memberikan Kredit barang kepada Toko/ Kios smart-3

4.         URAIAN JABATAN
Jabatan
Nama
Gaji (Rp)
Bulan
Tahun
Manager
ADRI ACHMAD
750.000
9.000.000
Bag.Persediaan/ Pengiriman
WAHYUDI
750.000
9.000.000
Bag. Akuntansi
DARWIS
750.000
9.000.000
Bag.Pembelian/Penjualan/ Kasir
SULAIMAN
750.000
9.000.000
TOTAL GAJI
3.000.000
36.000.000

Untuk tahun 2011 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp250.000,- sehingga menjadi     Rp1.000.000. Untuk tahun 2012 akan dilakukan kenaikan gaji sebesar Rp500.000,- sehingga menjadi Rp1.500.000

5.      KEGIATAN PRA-OPERASI DAN JADWAL PELAKSANAAN
Jenis Kegiatan Pra-Operasi
Jadwal Pelaksanaan
Biaya Pra-
Operasi
Minggu Ke-1 Bulan Maret 2010
Minggu Ke-2 Bulan Maret
2010
Minggu Ke-1 dan 2 Bulan April 2010
Minggu Ke-3 dan 4 Bulan April 2010 dan bulan seterusnya
1. Survey Pasar




0
2. Menyusun Rencana   
    Usaha




0
3. Survey Tempat Usaha




0
4. Survey Perlengkapan




0
5. Uji Coba Penjualan




0
6. Operasional




0
TOTAL
0

6.       ANALISIS KOMPETENSI SDM
a)      Tim Kami memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis ini, karena kami memiliki jaringan atau link kepada Vendor, serta pengalaman berwirausaha sebelumnya yang pernah kami lakukan (dibuktikan dengan nota Pembelian terlampir)
b)   Tim Kami   memiliki SDM yang mampu menjalankan bisnis secara e-commerce atau melalui internet marketing, karena kami memiliki skill dalam mendesign website dan tahu bahasa PHP atau HTML untuk mengolah situs e-commerce kami yaitu www.xm.distro
c)    Tim Kami memiliki prospek cerah dalam memperluas wilayah pemasaran, karena kami berasal dari Provinsi Nusa Tenggara Barat, tidak menutup kemungkinan akan membuka cabang baru di daerah asal.
7.      ANALISIS KEBUTUHAN DAN RENCANA PENGEMBANGAN SDM
Ø  Kami akan merekrut Karyawan baru, karena SDM yang sekarang ini masih rangkap jabatan.
Ø  Kami akan mentraining karyawan baru untuk ditempatkan pada Cabang baru nantinya
Ø  Kami akan saling berbagi ilmu dan saling membantu untuk menerapkan sistem penjualan melalui internet marketing dan memantapkan strategi pemasaran kami.

8.      RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
      Dengan adanya modal investasi dari Bank BNI, maka akan menambah modal kami dalam menjalankan bisnis ini dan akan meningkatkan volume penjualan kami. Sehingga kami dapat membuka cabang baru setiap tahunnya.

9.      ANALISIS SWOT
a.             Dampak Terhadap Masyarakat Sekitar
§  Dengan adanya produk yang murah dan berkualitas menjadikan kios/ lapak  kami merupakan tempat terfavorite di pasar Parado.
§  Memberikan paradigma baru kepada Masyarakat bahwa Pasar Parado menjual barang-barang yang berkualitas
b.   Analisis Resiko Usaha
§  Adanya manajemen pengelolah yang kurang jujur
§  Terdapatnya cacat pada barang yang dibeli
§  Barang yang tidak laku
c.    Antisipasi Resiko Usaha
§  Kita akan membuat Buku Besar, Jurnal Kas Masuk, Jurnal Kas Keluar, Kartu Persediaan, dan Kita akan merancang sistem akuntansi yang baik dan membuat nota pembelian.

BAB III
ASPEK PEMASARAN

1.        GAMBARAN UMUM PASAR
a.          Jenis produk yang dipasarkan adalah Pakaian distro dan Aksesoris yang berkualitas  dengan harga kompetitif, karena rata-rata produk serupa yang dipasarkan di Pasar Parado adalah kualitas menengah ke bawah atau kualitas biasa.
b.          Wilayah Pemasaran mencakup daerah Kota Bima untuk sistem penjualan langsung atau Direct Marketing dan seluruh wilayah Indonesia untuk sistem e-commerce atau internet marketing dan Media Katalog
c.    Yang menjadi segmen dari usaha Penjualan Pakaian dan aksesoris  ini adalah :
Ø  Segmen pasar Khusus Pria (untuk tipe Penjualan secara direct marketing atau   penjualan langsung di Pasar Parado),
Ø  Segmen Pasar Umum Pria dan Wanita (Untuk tipe penjualan internet marketing  karena menggunakan media Katalog dan Pembelian langsung di situs www.x-m.distro).

2.        PERMINTAAN
a.       Proyeksi Permintaan Selama 1 tahun
Dengan adanya modal dari Bank BNI, maka kami dapat memproyeksikan penjualan kami dapat meningkat setiap bulannya yaitu sebesar 10% dan mengalami puncak penjualan pada bulan ke-6.
NO
JENIS PRODUK
Target Penjualan Untuk Bulan Ke-

PAKAIAN
1
2
3
4
5
6
7
8
9
10
11
12
1
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)
50
55
61
67
73
81
81
81
81
81
81
81
2
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)
50
55
61
67
73
81
81
81
81
81
81
81
3
Celana Panjang standar  (Bahan Kain)
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
4
Celana Pendek
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
5
Polo Shirt
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
6
Baju Kemeja
50
55
61
67
73
81
81
81
81
81
81
81
7
T-Shirt
80
88
97
106
117
129
129
129
129
129
129
129


AKSESORIS
1
Topi
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
2
Tali Pinggang
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
3
Dompet
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
4
Gelang
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
5
Cincin
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
6
Kalung
35
39
42
47
51
56
56
56
56
56
56
56
7
Sarung HP bergambar
100
110
121
133
146
161
161
161
161
161
161
161


KATALOG












1
Penjualan Katalog
40

44
48
53
59
64
64
64
64
64
64
64
















3.        STRATEGI PEMASARAN PERUSAHAAN
Strategi pemasaran yang dilakukan :
a.    Keterangan Produk
Ø  Mutu        : Pakaian dan Aksesoris yang dipasarkan adalah mutunya terjamin dan              berkualitas atau kualitas berskala distro. Berbeda dari kualitas yang kebanyakan dijual di Pasar Parado
Ø  Ukuran     : S, M, L, XL
Ø  Kemasan  : Tidak ada kemasan atau masih berlabel, kecuali aksesoris sebagian ada yang berkemasan
b.      Harga Produk
Ø  Harga                   : Bervariasi
Ø  Syarat pembayaran           : Cash tunai atau transfer Bank
Ø  Potongan                          : Kami akan memberikan diskon 5% setiap pembelian diatas
  Rp3.000.000,-

c.       Jalur Penjualan
Dengan adanya produk yang kami tawarkan di atas, sehingga ada tiga sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
v  Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di Pasar Butung dengan sistem pembagian waktu jaga Kios/ Lapak yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.
v  Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.X-M distro dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer Bank.

*      Cara Transaksi Agen
1.      Pemesanan bisa melalui SMS/ Telp/ email/ YM :
SMS/Telp            : 087766542227
Email       :  Adriachmad @gmail.com
YM            : Adriachmad
2.      Dengan format pemesanan sebagai berikut :
(No Urut-Ukuran-Jumlah), (No Urut-Ukuran-Jumlah), dst.
contoh : (12-M-1),(32-L-3),(91-AS-2),dst
3.      Setelah pemesanan, kami akan mengkonfirmasi ke anda setelah mengecek    ketersediaan barang serta menghitung jumlah pembayaran beserta ongkos kirimnya.
4.      Setelah mendapatkan konfirmasi pembayaran, kemudian anda transfer ke nomor rekening sbb : BCA : 126 0450 471 a.n A. RODES MEDO
5.      Setelah kami menerima konfirmasi dari anda, maka kami akan mengirimkan pesanan anda secepatnya melalui jasa paket kilat seperti TIKI, JNE, POS, PAHALA, dsb.
6.      Kami akan mengirimkan konfirmasi kepada anda setelah pesanan anda kami kirim
7.      Segala hal ataupun ketentuan diatas dapat berubah tanpa pemberitahuan terlebih dahulu. Info lebih lanjut hubungi SMS/ Call Center kami di 081343555656

d.      Promosi
Promosi dilakukan dengan penyebaran brosur, leaflet, Katalog, dan Kami akan melakukan iklan di internet untuk menjual produk yang kami tawarkan dengan mendaftarkan situs kami pada layanan penyedia iklan di internet. Dan memasang banner pada situs yang relevan untuk mempromosikan keberadaan Toko/ Kios Online kami ini. Dan juga kami akan membuat grup di Facebook dan twitter sebagai langkah mempercepat penjualan dan forum diskusi mengenai produk-produk yang kami tawarkan.

4.        ANALISIS PESAING
No.
Uraian
Distro X-M
Perusahaan Pesaing
Kios Ghalib
Kios Ika
Kios Haji
1.
Harga Jual
Bervariasi tapi kompetitif
bervariasi
bervariasi
bervariasi
2.
Mutu Produk
Berkualitas
biasa
biasa
biasa
3.
Kemasan
-
-
-
-
4.
Promosi
Dilakukan
-
-
-
5.
Merk
Rollink, Black ID,
Merek tidak terkenal
Merek tidak terkenal
Merek tidak terkenal
6.
Potongan Penjualan
Pembelian di atas Rp3.000.000 dapat diskon 5%
Tidak ada diskon
Tidak ada diskon
Tidak ada diskon
7.
Bentuk Pembayaran
Tunai untuk Direct Marketing/ Transfer Bank untuk Internet Marketing
Tunai
Tunai
Tunai
8.
Pelayanan
Kepuasan konsumen kami utamakan, Konsumen dilayani dengan ramah dan penuh perhatian
Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol
Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol
Konsumen terkadang diabaikan, ketika mereka lagi makan atau ngobrol


5.        METODE PROMOSI & BIAYA PROMOSI
Metode Promosi
Wilayah Sebaran
Biaya (Rp)
Penjualan Katalog
Seluruh wilayah Indonesia
40.000
Mouth to Mouth
Kota Bima, Wilayah Kampus UMI
-
Penyebaran Brosur, leaflet
Kota Yogyakarta
50.000
Pembuatan Website
e-commerce

660.000
Iklan di internet
Seluruh dunia, karena website www.smart-3.net ada translate tools nya.
30.000
TOTAL BIAYA
780.000


6.        PENETAPAN HARGA JUAL
NO
JENIS PRODUK
Harga Jual / Unit ( Rp ) untuk bulan ke-
PAKAIAN
1
2
3
4
5
6
1
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)
85.000





2
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)
90.000





3
Celana Panjang standar  (Bahan Kain)
70.000





4
Celana Pendek
60.000





5
Polo Shirt
45.000





6
Baju Kemeja
50.000





7
t-Shirt
40.000














AKSESORIS






1
Topi
15.000





2
Tali Pinggang
25.000





3
Dompet
25.000





4
Gelang
7.500





5
Cincin
25.000





6
Kalung
30.000





7
Sarung HP bergambar
20.000














KATALOG






1
Penjualan Katalog
40.000





   

BAB IV
ASPEK OPERASI / PRODUKSI
1)         PRODUK
a)           Ciri-ciri produk
Ø  Berukuran S, M, L, XL
Ø  Warna bervariasi disesuaikan dengan kebutuhan
Ø  Pakaian berbahan jeans, cotton berkualitas
b)           Kegunaan Utama Produk
Ø  Untuk memenuhi kebutuhan tren/ fashion anak muda
Ø  Untuk mempergaya dan menambah percaya diri pemakai produk yang kami jual karena bukan murahan.

2)         PROSES OPERASI
Skema / Bagan Alur Proses Operasi
PEMBELIAN TUNAI PERSEDIAAN
               Untuk penjualan tunai secara langsung atau direct marketing
3)         KAPASITAS PENJUALAN
Kami menargetkan kenaikan volume penjualan sebesar 10% setiap bulannya, sehingga mencapai puncak penjualan pada bulan ke-6 yaitu :
Bulan Ke-
Rencana Penjualan
1
Rp   28.637.500
2
Rp  31.501.250
3
Rp  34.651.375
4
Rp  38.116.513
5
Rp  41.928.164
6
Rp  46.120.980
7
Rp  46.120.980
8
Rp  46.120.980
9
Rp  46.120.980
10
Rp  46.120.980
11
Rp  46.120.980
12
Rp  46.120.980
Total Penjualan Tahun 2010
 Rp  497.681.662

4)         PERALATAN
Nama Peralatan
Merk
Jumlah
Harga (Rp)
Total (Rp)
Hanger Baju
-
50
  5.000
250.000
Tempat Gantungan Hanger
-
2
150.000
300.000
Kunci Pengaman Gudang Persediaan
-
2
  25.000
 50.000
Tempat Gantungan Aksesoris
-
2
150.000
300.000
TOTAL BIAYA
900.000

5)         PERSEDIAAN
a)         Barang Persediaan yang diperlukan sesuai dengan Rencana Penjualan bulan ke-1 :
Produk
Jumlah
Harga (Rp)
Total (Rp)
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)
60
70.000
4.200.000
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)
60
75.000
4.500.000
Celana Panjang standar  (Bahan Kain)
40
60.000
2.400.000
Celana Pendek
40
50.000
2.000.000
Polo Shirt
40
40.000
1.600.000
Baju Kemeja
60
40.000
2.400.000
t-Shirt
100
35.000
3.500.000
Biaya Kirim
1
500.000
500.000
Jumlah Penjualan Pakaian
21.100.000
Produk
Jumlah
Harga (Rp)
Total (Rp)
Topi
40
8.500
340.000
Tali Pinggang
30
15.000
600.000
Dompet
30
15.000
600.000
Gelang
40
2.500
100.000
Cincin
40
5.000
200.000
Kalung
40
7.500
300.000
Gantungan Kunci
40
5.000
200.000
Sarung HP bergambar
100
10.000
1.200.000
Jumlah Penjualan Aksesoris
3.040.000
Produk
Jumlah
Harga (Rp)
Total (Rp)
Katalog
50
20.000
1.000.000
Jumlah Penjualan Katalog


1.000.000
TOTAL BIAYA
25.140.000







b)      Persyaratan Pembelian Persediaan
Pembelian Pakaian dan Aksesoris berdasarkan standar mutu yang baik dengan memperhatikan kualitas bahan, warna, dan gambar sablon yang menarik di setiap pakaian. Dan memperhatikan merek Pakaian yang laris terjual, maka itu menjadi prioritas pembelian selanjutnya.
c)      Ketersediaan dan kesinambungan Persediaan
Persediaan untuk awal penjualan kita beli dari daerah lain yaitu di Kota Bandung sebagai pusat konveksi dan pusat distributor pakaian merek terkenal seperti Rollink, Black ID,  dan untuk selanjutnya kita mencoba memasarkan produk-produk dari Kota Yogyakarta, seperrti pakaian batik dan aksesoris khas Jogja.














BAB V
ASPEK KEUANGAN

1)        ASUMSI-ASUMSI
Penjualan yang tertera di bawah ini adalah prediksi penjualan yang terjadi bulan pertama, kesesuaian data yang terdapat di bawah adalah berdasarkan studi lapangan yang telah kami lakukan dengan mensurvey beberapa pedagang pakaian yang terdapat pada Blok B. Harga, perkiraan omset, dan data-data tersebut adalah bersumber dari Pedagang yang berada di Pasar Parado. Kami menargetkan penjualan terjadi peningkatan setiap tahunnya yaitu sebesar 10% dari total Penjualan pada tahun berakhir.

2)        SUMBER MODAL
Untuk sumber modal saya mengambil modal dari bank  BNI sebesar Rp 40.000.000-, untuk investasi di tambah modal sendiri sebesar Rp 60.000.000-,.
3)        PEMBIAYAAN PROYEK
Biaya yang diperlukan dalam mendirikan usaha ini adalah sebesar Rp 100.000.000-, (Seratus Juta Rupiah) dengan rincian sebagai berikut :

RANCANGAN ANGGARAN DANA






A. 
 Tempat dan Perizinan
)



No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Beli Tempat Usaha (tahan & gedung)
-
tahun
Rp20.000.000
Rp 20.000.000
2
Izin Usaha
1
kali
Rp  1.000.000
Rp   1.000.000
Jumlah
 Rp 21.00.000






B.
Peralatan (biaya variabel)




No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Hanger Baju
100
buah
 Rp      5.000
 Rp    500.000
2
Tempat Gantungan Hanger
10
buah
 Rp   150.000
 Rp  1.500.000
3
Kunci Pengaman Gudang Persediaan
20
buah
 Rp     25.000
 Rp     500.000
4
Tempat Gantungan Aksesoris
10
buah
 Rp    150.000
 Rp 1.500.000

Jumlah
 Rp 4.000.000


 C.
 Pakaian




No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)
70
helai
 Rp  70.000
 Rp   4.900.000
2
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)
72
helai
 Rp    75.000
 Rp   5.400.000
3
Celana Panjang standar  (Bahan Kain)
60
helai
 Rp     60.000
 Rp   3.600.000
4
Celana Pendek
80
helai
 Rp     50.000
 Rp   5.000.000
5
Polo Shirt
120
helai
 Rp     40.000
 Rp   5.000.000
6
Baju Kemeja
80
helai
 Rp     40.000
 Rp   3.100.000
7
t-Shirt
200
helai
 Rp    35.000
 Rp   7.000.000
8
Biaya Kirim
1
ball
 Rp 1.000.000
 Rp   1.000.000
Jumlah 
 Rp 35.000.000

A+B+C adalah modal sendiri




 D.
 Aksesoris




No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Topi
1000
buah
 Rp   8.500
 Rp    8.500.000
2
Tali Pinggang
460
buah
 Rp  15.000
 Rp   7.000.000
3
Dompet
400
buah
 Rp  15.000
 Rp   6.000.000
4
Gelang Rakitan
600
buah
 Rp   2.500
 Rp    1.500.000
5
Cincin
100
buah
 Rp   5.000
 Rp    500.000
6
Kalung
70
buah
 Rp   7.500
 Rp    500.000
7
Gantungan Kunci
200
buah
 Rp   5.000
 Rp   1.000.000
8
Sarung HP Bergambar
500
buah
 Rp  10.000
 Rp   5.000.000

Jumlah
 Rp 30.000.000






E.
 Pembuatan Katalog




No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Biaya Cetak
300
buah
 Rp    20.000
 Rp  6.000.000

Jumlah
 Rp  6.000.000






F.
 Website e-commerce




No
Keterangan
Satuan
Unit
Harga satuan
Jumlah
1
Jasa Pembuatan Website e-commerce
1
tahun
 Rp  3.000.000
 Rp  3.000.000
2
Jasa Hosting dan Domain setahun
1
tahun
 Rp  1.000.000
 Rp  1.000.000

Jumlah
 Rp 4.000.000

D+E+F adalah modal
dari Bank BNI







Jumlah modal awal




A. 
 Tempat dan Perizinan
Rp 21.00.000



B.
 Peralatan
Rp  4.000.000



C.
 Pakaian
Rp 35.000.000

Rp

D.
 Aksesoris


Rp  30.000.000

E.
 Pembuatan Katalog


Rp    6.000.000

F.
 Website e-commerce


Rp    4.000.000


TOTAL



 Rp100.000.000























Dana real yang dibutuhkan adalah Rp100.000.000

4)             LABA RUGI
         Biaya Operasional Per Bulan






A. Operasioanl Umum (Biaya
Tetap)



No
Keterangan
Unit

Harga satuan
Jumlah
1
Listrik
1
bulan
25.000
     25.000
2
Gaji
4
orang
 750.000
3.000.000
3
Iuran Keamanan
1
bulan
25.000
     25.000
4
Iuran kebersihan
1
bulan
 25.000
     25.000

Jumlah
 3.075.000






B. Operasional Promosi




No
Keterangan
Unit

Harga satuan
Jumlah
1
Biaya Kirim Katalog
300
katalog
7.500
2.250.000
2
Biaya Iklan Website
1

30.000
30.000

Jumlah
2.280.000






C. Operasional Defisit




No
Keterangan
Unit

Harga satuan
Jumlah
1
Defisit Peralatan
2,00%
perbulan
4.000.000
80.000
2
 Website e-commerce
2,00%
perbulan
3.000.000
60.000
3
Jasa Hosting dan Domain setahun
10,00%
perbulan
1.000.000
100.000

Jumlah
240.000






D. Total Operasional Perbulan




A.   Operasioanl Umum



 Rp     3.075.000
B.   Operasional Promosi



 Rp     2.280.000

Jumlah



 Rp     5.355.000










Jumlah yang harus dikeluarkan per bulan


C. Operasional Defisit



 Rp        240.000
D. Total Operasional perbulan



 Rp     5.355.000
    TOTAL



 Rp     5.595.000











Perkiraan Semua Omzet per bulan Tahun 2010
Perkiraan Laba bersih perbulan



1
Omzet


 Rp             6.265.000



2
Operasional


 Rp             3.942.867



3
Laba bersih


 Rp             2.322.133











Perkiraan BEP



No
Keterangan
unit

Jumlah


1
Modal total


 = Rp          32.000.000


2
Laba bersih
Per bulan

 = Rp             2.322.133
per bulan

3
BEP
Rp32.000.000 / Rp2.322.133

 = 14 bulan + 1 bulan masa promosi

4
Pemodal
70% x Rp2.322.133

 = Rp             1.625.493
per bulan

5
Pengelolah
30% x Rp2.322.133

 = Rp                696.640
per bulan

6
BEM Pemodal
Rp32.000.000/ Rp1.625.493

 = 20 bulan atau 1,6 Tahun
















 
 


















Diperkirakan kenaikan laba yang diinginkan adalah 20% setiap tahunnya
No
Keterangan
Jumlah Persediaan satu bulan
Penjualan/ Bulan
Harga Beli
Harga Jual Minimum
Laba/ Bulan
Laba/ Tahun 2010
Laba/ Tahun 2011
Laba/ Tahun 2012

PAKAIAN








1
Celana Panjang Standar (Bahan Jeans)
60
50
      70.000
85.000
750.000
9.000.000
10.800.000
12.960.000
2
Celana Panjang Pensil (Bahan Jeans)
60
50
            75.000
     90.000
750.000
   9.000.000
10.800.000
12.960.000
3
Celana Panjang standar  (Bahan Kain)
40
35
             60.000
70.000
350.000
4.200.000
5.040.000
6.048.000
4
Celana Pendek
40
35
        50.000
60.000
350.000
4.200.000
5.040.000
6.048.000
5
Polo Shirt
40
35
40.000
45.000
175.000
2.100.000
2.520.000
3.024.000
6
Baju Kemeja
60
50
            40.000
        50.000
500.000
6.000.000
7.200.000
8.640.000
7
t-Shirt
100
80
35.000
40.000
400.000
   4.800.000
5.760.000
6.912.000

TOTAL




   3.275.000
        39.300.000
47.160.000
56.592.000











AKSESORIS








1
Topi
40
35
8.500
15.000
    227.500
2.730.000
3.276.000
3.931.200
2
Tali Pinggang
30
35
15.000
25.000
350.000
4.200.000
5.040.000
6.048.000
3
Dompet
30
35
15.000
25.000
350.000
4.200.000
5.040.000
6.048.000
4
Gelang
40
35
2.500
7.500
175.000
2.100.000
2.520.000
3.024.000
5
Cincin
40
35
5.000
25.000
 700.000
8.400.000
10.080.000
12.096.000
6
Kalung
40
35
 7.500
30.000
  787.500
9.450.000
11.340.000
13.608.000
7
Sarung HP bergambar
100
100
5.000
20.000
1.500.000
18.000.000
21.600.000
25.920.000

TOTAL




2.590.000
31.080.000
 37.296.000
44.755.200











PENJUALAN KATALOG









Penjualan Katalog
50
40
30.000
40.000
400.000
4.800.000
5.760.000
6.912.000

TOTAL




400.000
4.800.000
5.760.000
6.912.000

JUMLAH




6.265.000
75.180.000
90.216.000


5)        ARUS KAS
RENCANA ARUS KAS
DISTRO X_M
TAHUN 2010 - 2012

2010
2011
2012
A.  PENERIMAAN

Penerimaan Penjualan
397.200.000
476.640.000
537.408.000
Penerimaan Pinjaman
  40.000.000
0
0
Sub Total Penerimaan
437.200.000
476.640.000
537.408.000
B.  PENGELUARAN

Pembelian Pakaian
247.200.000
296.640.000
355.968.000
Pembelian Aksesoris
28.080.000
33.696.000
 40.435.200
Peralatan
900.000
900.000
900.000
Biaya cetak Katalog
12.000.000
12.000.000
12.000.000
Biaya Kirim Katalog
4.500.000
4.500.000
4.500.000
Biaya perizinan
5.150.000
5.000.000
5.000.000
Biaya Listrik
300.000
300.000
300.000
Iuran Keamanan
300.000
300.000
300.000
Iuran Kebersihan
300.000
300.000
300.000
Biaya iklan website
360.000
360.000
360.000
Gaji
36.000.000
48.000.000
72.000.000
Biaya Jasa Hosting + Domain
150.000
150.000
150.000
Pembelian Website e-commerce
660.000
0
0
Angsuran Pokok
18.875.920
13.124.080
0








Sub Total Pengeluaran
354.775.920

415.270.080

492.213.200

C.  SELISIH KAS

74.424.080
61.369.920

45.194.800
D.  SALDO KAS AWAL

0
74.424.080
135.794.000

E.   SALDO KAS AKHIR
74.424.080
135.794.000
180.988.800

6)        KRITERIA INVESTASI 
a)        Return On Invesment (ROI)
  Dalam kriteria ini dapat mengetahuan berapa lama pengembalian investasi untuk Kios    Smart-3, dengan cara:
 
a.

                 100.000.000     x 1 tahun
                   74.424.080
               = 1,34  tahun
Dapat di simpulkan bahwa kios smart-3 untuk pengembalian investasinya membutuhkan waktu selama 1,34 tahun.

a.     Net Present Value (NPV)/ nilai sekarang bersih
Dalam kriteria ini dapat mengetahuan berapa nilai sekarang investasi kios smart-3  selama tiga tahun kedepan, dengan cara:
NPV  =     FV
          (1+i)3
     =  100.000.000
             (1+5)3
     =    100.000.000                    
               216
    =    463.000. (dibulatkan)
Dapat di simpulkan bahwa nilai sekarang untuk investasi kios smart-3 adalah Rp. 463.000 dengan modal investasi selama 5 tahun sebesar Rp. 100.000.000

7.        RENCANA PENGEMBANGAN USAHA
a)               Strategi Pemasaran
  Ada tiga sistem marketing yang kami terapkan yaitu :
Ø  Direct Selling
Kami akan melakukan penjualan langsung di Pasar Butung dengan sistem pembagian waktu jaga Kios yang dimulai dari pukul 10.00 WIB s.d 22.00 WIB.
Ø  Internet Marketing
Kami akan menjual produk kami lewat internet dengan situs pribadi yang telah kami miliki yaitu www.x-m.distro dengan konsep e-commerce webdesign, sehingga konsumen di situs kami bisa cek harga, cek model (melihat gambar + Keterangan produk), cek persediaan, cek ukuran, dan dapat melakukan pembelian langsung di situs kami. Pembayaran dilakukan dengan cara transfer Bank.  Strategi Organisasi Dan Sdm
Ø  Kami akan berbagi tugas dengan menggunakan sistem roling atau pergantian dalam melakukan penjualan di Pasar Parado
b)       Strategi Keuangan
Ø  Kami akan membeli tempat/ kios/ lapak di pasar Parado sesuai dengan harga kios/ lapak pada umumnya.
Ø  Kami akan membeli pakaian dan aksesoris pada vendor yang bisa memberikan harga yang bersaing atau lebih murah dengan jaminan kualitas barang yang bagus.
Ø  Kami akan membeli peralatan/ furniture yang dibutuhkan sebagai tempat untuk memajangkan produk-produk yang kami jual.

















             
                                                           BAB VI
PENUTUP

Demikian proposal yang saya buat, menurut saya pribadi dalam membuat proposal tidak ada yang namanya kesempurnaan karna kesempurnaan hanyalah milih Yang Maha Kuasa, yang ada hanyalah kekurangan dan kelebihan, jika ada kekurangan dan kelebihan proposal yang saya buat mohon masukankan dan kritikanka. semoga langkah ini dapat memberikan kemajuan dan perkembangan usaha kami dan memajukan ekonomi Indonesia Terimakasih.




Pimpinan,
DISTRO
   ZZX

Tidak ada komentar:

Posting Komentar